5/28/24

Mengenal Jenis Mata Bor: Dari Spiral hingga Tungsten Carbide

Dalam dunia konstruksi mata bor merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan. Mata bor biasa digunakan untuk berbagai proyek pembangunan, seperti pembangunan rumah, pekerjaan konstruksi, ataupun sekedar perbaikan sekitar rumah. Fungsi dari mata bor ini adalah untuk melubangi suatu permukaan, seperti pada permukaan tembok, kayu, besi, batu atau baja ringan.


mengenal jenis mata bor untuk power drill dan lainnya

Ada banyak jenis mata bor yang tersedia dan penting untuk kamu mengetahui jenis-jenis dari mata bor yang sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan agar memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan konstruksi, karena memakai mata bor yang tepat. 


7 Jenis mata bor dan fungsinya

mata bor listrik yang bagus


Memiliki bor listrik, bor tembok ataupun jenis bor lainnya sangat berguna untuk pekerjaan konstruksi proyek atau untuk kebutuhan perbaikan dalam rumah. Namun kamu juga harus tau jenis-jenis mata bor yang sedang kamu butuhkan. 


1. Mata bor spiral  

Mata bor spiral atau dikenal dengan nama twist bit atau high speed steel (HSS), merupakan mata bor yang biasa digunakan untuk bor tangan dan mesin bor duduk. Mata bor ini memiliki fungsi membuat lubang lurus pada berbagai bahan seperti kayu, plastik, dan logam. Kebanyakan mata bor jenis ini berbahan baja karena lebih sering digunakan untuk melubangi permukaan logam. 

Mata bor spiral ini ujungnya tajam dan heliks berliku-liku yang berfungsi membuang serbuk saat melakukan pengeboran. Mata bor jenis ini memiliki banyak ukuran mulai dari yang paling kecil 1 mm sampai dengan 25 mm. 


2. Mata bor boron karbida

Mata bor boron ini terbuat dari bahan dasar yang keras yang sesuai dengan namanya yaitu boron karbida. Biasanya mata bor ini digunakan pada bahan yang keras seperti keramik, batu atau baja tahan karat. Kelebihan mata bor ini dibandingkan mata bor sejenisnya adalah daya tahan yang tinggi dan memiliki kemampuan memotong dengan tepat pada bahan yang sulit untuk diolah. 


3. Mata bor lubang

Fungsi dari mata bor lubang adalah untuk membuat lubang dengan diameter yang besar dan akurat. Mata bor ini biasa disebut juga hole saw bit. Mata bor lubang memiliki bentuk cekung dengan gigi-gigi tajam di sekitarnya yang berfungsi untuk menembus bahan material. 

Mata bor ini memiliki berbagai varian ukuran tinggal sesuaikan saja dengan yang kamu butuhkan. Dan biasanya sering digunakan pada material kayu dan mata bor bisa digunakan untuk power drill, selain itu juga sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi atau instalasi pipa. 


4. Mata bor beton 

jenis mata bor tembok atau beton


Mata bor atau biasa dikenal dengan mansory bits. Bentuk dari bor ini ujungnya runcing dan bahannya dirancang dapat menembus bahan yang keras seperti beton, batu, dan bata. Mata bor beton memiliki beragam ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, biasa digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan renovasi. Pastikan mata bor yang kamu pilih berkualitas agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


5. Mata bor kayu

Mata bor kayu memiliki bentuk ujung yang tajam, biasa digunakan untuk membuat lubang pada material kayu. Fungsi dari ujung mata bor yang tajam adalah untuk menahan bor tetap sejajar dengan permukaan kayu, sehingga dapat membuat lubang pada kayu dengan akurat. Mata bor kayu ini juga dikenal dengan nama spur bits. 


6. Mata bor kaca

Mata bor kaca atau spear point bits ini memiliki bentuk yang seperti ujung tombak. Mata bor kaca terbuat dari tungsten carbide yang keras, sehingga bisa digunakan pada bahan seperti kaca, keramik dan porselen. 

Cara memakai mata bor ini sebaiknya menggunakan putaran mesin yang rendah dan sebelum digunakan pastikan sudah dilumasi dengan air, terpentin atau minyak tanah agar suhu tetap rendah. 


7. Mata bor forstner bits

Forstner bits biasanya digunakan untuk membuat lubang engsel sendok pada permukaan kayu. Mata bor ini jika digunakan akan menghasilkan getaran yang cukup kuat, sehingga disarankan memakai bor duduk saat menggunakan mata bor ini agar tetap seimbang. 


Itulah beberapa jenis dari  bor yang sering digunakan orang untuk kebutuhan konstruksi, biasanya mata bor diatas bisa digunakan untuk electric drill, lalu bisa juga digunakan untuk power drill dan juga jenis bor lainnya. 


mata bor yang bagus bisa digunakan untuk electric dill juga


Alat bor tidak hanya untuk kebutuhan proyek saja, untuk kebutuhan pribadi pun bisa misalnya untuk memperbaiki rumah. Untuk kebutuhan pribadi kebanyakan orang menggunakan bor cordless karena lebih praktis, namun untuk bor jenis ini harus diperhatikan juga baterai bor jangan sampai baterai rusak atau drop. Karena sumber dayanya bertumpu pada baterai bor.


Rekomendasi tempat membeli mata bor yang berkualitas

Jika kamu bingung tempat membeli mata bor yang bagus dan berkualitas baik, kamu bisa coba cari di website kawanlama. Disana menyediakan aneka mata bor berkualitas baik karena Kawan Lama Solution secara hati-hati dalam memilih produk yang berkualitas dan kinerja bagus, agar pembeli mendapatkan alat yang handal dalam menyelesaikan pekerjaannya. 


Selain mata bor disana juga ada berbagai macam alat bor kualitas baik dan harga mesin drill yang terbaik. 


Penutup

Mengenal jenis-jenis dari mata bor itu sangat penting, agar kamu bisa menentukan mata bor yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dan ingat dalam membeli mata bor selalu perhatikan kualitas, agar mata bor awet bisa dipakai dalam jangka panjang dan hasilnya pun baik. 


26 comments:

  1. Beberapa waktu yang lalu di tempat kerja saya ada acara rapi-rapi karena baru pindahan ruangan. Salah seorang temen saya bawa seperangkat mata bor. Dari sanalah saya baru tahu ternyata mata bor ada beberapa jenis yang disesuaikan kebutuhan, ya, Mba.

    ReplyDelete
  2. Waah ternyata banyak juga ya jenis-jenis mata bor. Ibu rumah tangga juga perlu tau sebetulnya, jadi kalau ada apa-apa setidaknya gak melulu nungguin paksu 🙃

    ReplyDelete
  3. Yoi.. ada harga ada rupa. Ada juga mata bor yang murah, tapi baru ditancapin udah mleyot #ups
    paling seneng kalau lihat mata bor yang lengkap gini, jadinya tinggal dipilih sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  4. Kalau mata bornya berkualitas akan lebih tahan lama pastinya ya, jadi perlu hati-hati membeli, agar mendapatkan alat yang handal dalam menyelesaikan pekerjaan. Seperti dengan memilih produk yang berkualitas dan kinerja bagus di Kawan Lama yang tepercaya

    ReplyDelete
  5. ngomongin mata bor, suamiku pernah nih nyuruh aku beli mata bor di toko bangunan, akunya gak paham2 alhasil dia kesel ujung2nya pegawa toko bangunannya yang ngomong sama suami

    ReplyDelete
  6. Wah satisfying sekali aku lihat koleksi mata bor yang lengkap ini, zuzur aku belum pernah bersinggungan dengan pekerjaan bor mengebor. Jadi pengetahuan baru buat aku kalau ternyata mata bor sebanyak itu dengan fungsi yang berbeda beda tiap bentuknya

    ReplyDelete
  7. kalau ada benda atau sesuatu yang harus diperbaiki, biasanya aku langsung panggil tenaga ahli (baca: pak suami). Tapi sebetulnya emak pun perlu punya pengetahuan seputar bor ya. Siapa tahu nanti harus memperbaiki sesuatu dan urgent, nggak melulu nungguin pak suami.

    ReplyDelete
  8. Mata bor ternyata banyak banget ya jenisnya. Meskipun suamiku juga punya macem2 tapi aku juga ngga tahu fungsinya buat yang mana hehehe. Baca artikel ini jadi lebih paham. Pokoknya beli mata bor berkualitas di website kawanlama aja yang teruji kualitasnya.

    ReplyDelete
  9. Ya Allah aku baru tau urusan begini ternyata beda-beda ya. Biasanya suami di rumah yang urus pekerjaan yang berkaitan dengan mata bor. Sekarang jadi tau deh jenis dan fungsinya ternyata beda-beda ya.

    ReplyDelete
  10. Banyak juga ya mbak, jenis-jenis mata bor ini. Pastinya peruntukannya berbeda-beda sesuai dengan tebal tipisnya. Kalau dulu kantorku anti rayap, selalu beli mata bor untuk lantai

    ReplyDelete
  11. Tiap-tiap mata bor ini punya fungsinya masing-masing ya. Berarti memang perlu dikenali lebih dalam, biar penggunaannya lebih tepat

    ReplyDelete
  12. Selama ini tau mata bor berbeda-beda itu sekadar dari bentuknya aja, nggak sampai spesisik nama-namanya. Tapi alat ini termasuk yang sebaiknya ada di rumah sih, ya. Sekali-kali butuh perkakas, jadinya nggak bingung nyari-nyari atau pinjem ke tetangga :)

    ReplyDelete
  13. banyak juga ya jenis mata bor ini. kalau suamiku suka banget nih sama alat pertukangan begini bisa kuajak mampir ke kawanlama juga nih nanti

    ReplyDelete
  14. Suamiku kebetulan hobi belanja perkakas tukang, karena suka masang atau benerin macem2 di rumah dan sukanya pasang/benerin pakai alat sendiri. Jadi termasuk ragam jenis mata bor dia punya. Aku kadang cuma bengong liatnya karena kukira kalau ngebor ya udah 1 jenis sama aja, ternyata beda-beda fungsinya. Dari tulisan ini jadi makin tahu soal jenis mata bor. Tfs mbak Ria.

    ReplyDelete
  15. Wah makasih sharingnya mba.. jadi tau nih jenis-jenis mata bor dan fungsinya. Selama ini aku cuma tau bentuknya, tapi ga tau namanya

    ReplyDelete
  16. Jadi lebih paham setelah baca ulasan mbak Ria tentang macam-macam mata bor. Di rumah nih bor dan teman-temannya biasanya ada dalam satu kotak. Nah, aku taunya yang di dalam situ semua sama ternyata tidak ya.

    ReplyDelete
  17. Sedikit-sedikit jadi belajar nih jenis-jenis mata bor apa aja. Biasanya cuma lihat pas suami ngerjain/perbaiki ini itu. Itu satu set alat bornya lengkap banget di bawa kemana-mana. Hahahah.

    ReplyDelete
  18. Website kawanlama ini menyediakan perkakas buat pertukangan gitu ya?
    Jadi tahu bermacam2 fungsi mata bor ini dan bisa dipakai untuk apa aja. Aku selama ini ngiranya pokoknya menyesuaikan aja ma mur bautnya hehe. TFS

    ReplyDelete
  19. Rupanya banyak jenis mata bor, ya. Saya baru paham mata bor kayu dan mata bor beton. Karena bapak saya punya alatnya, jadi saya tahu penggunaan dan fungsinya.

    Saya makin tercerahkan nih dengan jenis-jenis mata bor yang ada fungsinya sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  20. Kalau di rumah, banyak pakai Mata bor spiral. Yang lain belum kucek sih. Aku sendiri sebatas tahu aja, gak pernah betul-betul makai. Paling para laki-laki di rumah yang gunain ini buat macam-macam

    ReplyDelete
  21. Ah jadi ingat ambalan di rumah belum dipasang kerena ngga punya bor huhu kalau pakai paku biasa takut rusak temboknya ya

    ReplyDelete
  22. Macam - macam mata bor ternyata berbeda juga kegunaannya ya , pantesan waktu itu kakak bawa mata bor nya aneka ukuran ternyata keguannnya beda2

    ReplyDelete
  23. Bener kak Alat bor memang tidak hanya untuk kebutuhan proyek saja, namun untuk kebutuhan pribadi pun bisa misalnya untuk memperbaiki rumah

    ReplyDelete
  24. Ada banyak sekali mata bor yang digunakan saat berada di lapangan.
    Dengan memilih mata bor yang tepat akan mempersingkat waktu kerja dan hasil yang sesuai harapan.

    ReplyDelete
  25. Wah ini dunia yang sangat dekat dengan kerjaan suamiku. Tapi kalo aku emang baru tau sih soal jenis-jenis mata bor ini. Hehe. Bisa nih kutunjukkan ke dia soal tempat belinya. Siapa tau bermanfaat :)

    ReplyDelete
  26. Dulu salah satu cabang kantorku ada di sebelah kawan lama puri kencana.. Awalnya sempet bingung ini perusahaan apa, namanya unik sih. Ternyata memang menyediakan banyak peralatan apapun ya mba. Termasuk alat bor 👍

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V