8/21/24

Peran UMKM Indonesia Terhadap Perekonomian dan Contohnya

Saat ini kondisi ekonomi secara global sedang tidak baik-baik saja. Walau begitu, suatu negara bisa terhindari dari berbagai ancaman, seperti resesi melalui peran umkm. Usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang terkenal dengan UMKM ini memberikan dampak positif yang besar terhadap neraca bruto daerah. Bahkan tidak sedikit UMKM yang menyumbangkan devisa besar kepada negara karena sukses go internasional. 


Pic from disini


Peran UMKM Indonesia Terhadap Perekonomian 

Pemerintah menetapkan bahwa UMKM sebagai roda penggerak ekonomi, terutama di daerah-daerah. Bahkan bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional, sehingga ekonomi masyarakat tetap stabil. 


Hal tersebut karena usaha kecil mampu bertahan dalam berbagai kondisi perekonomian yang tidak menentu. Jumlah umkm Indonesia sendiri terus mengalami peningkatan yang signifikan. 


Berdasarkan data Kamar Dagang dan Industri (KADIN), jumlah UMKM mencapai 66 juta. Baik itu usaha mikro kecil yang ada di pedesaan atau di kota. Adapun peran UMKM Indonesia adalah: 


1. Mendorong Pemerataan Ekonomi

Usaha kecil tersebar di seluruh daerah, hingga pedesaan. Dengan ini berdampak positif terhadap pemerataan ekonomi di berbagai kalangan, dari bawah, menengah, hingga atas. Selain itu, roda ekonomi dapat berputar dengan stabil karena perekonomian terus berjalan.


2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yaitu ekonomi. Hadirnya usaha kecil dapat mengentaskan kemiskinan dan mengurangi tingkat pengangguran, karena banyaknya lowongan usaha mulai dari tingkat desa. 


Hal ini sudah terbukti dengan hadirnya UMKM yang menyelamatkan negara dari ancaman resesi. Tidak heran pemerintah Indonesia sendiri menyatakan bahwa UMKM sebagai roda penggerak ekonomi nasional. 


3. Pilar Penting di Masa Krisis

UMKM merupakan usaha mikro yang mampu bertahan dalam berbagai kondisi perekonomian. Bahkan di masa-masa krisis, usaha kecil tetap bisa berjalan dan mengembangkan bisnis dengan baik.  


4. Adanya Peningkatan Devisa Negara

Sudah banyak UMKM yang berhasil memperluas lini bisnis dengan memasuki pasar internasional. Usaha mikro berhasil ekspor produk ke negara-negara tertentu, sehingga membantu meningkatkan devisa negara. 


Peran UMKM memang tidak dapat disepelekan, terlebih ketika berbicara mengenai kesejahteraan masyarakat. Menurut CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, dalam infrastruktur ekonomi maka harus mulai dari ekonomi akar rumput yaitu usaha mikro pedesaan. 


Ketika masyarakat di pedesaan sejahtera maka akan berdampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi secara nasional. Untuk itu, Amartha mendukung penuh UMKM pedesaan dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah.


Penyaluran pembiayaan modal usaha produktif sudah berlangsung sejak tahun 2010 dan hingga saat ini lebih dari 22.8 triliun dana disalurkan dan memberdayakan lebih dari 2 juta UMKM pedesaan. Usaha di pedesaan memiliki potensi besar untuk berkembang maju dan berdaya.


Beberapa usaha mikro yang dapat dijalankan di desa, yaitu:

Usaha warung kelontong,

Usaha Sembako

Makanan dan Minuman 

Usaha Pupuk untuk Pertanian 

Ternak Ikan dan Ayam

Kerajinan Tangan dengan Memanfaatkan Bahan-Bahan dari Alam

Jualan Kue Tradisional 


Masih banyak usaha kecil yang bisa dibangun dari desa dan memiliki peluang besar untuk bisa memperluas pasar hingga internasional. Dengan peluang ini masyarakat dapat meningkatkan perekonomian tanpa harus mencari pekerjaan di kota. 


Banyak peluang bisnis menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat maupun meningkatkan perekonomian nasional agar terhindar dari ancaman yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, mendukung UMKM pilihan tepat. 



Catatanria.com

14 comments:

  1. Dan menurutku ditengah kondisi ekonomi dunia yang sedang tak baik ini justru Indonesia bisa bertahan karena keberadaan UMKM dan udah banyak juga produk UMKM kita yang mendunia

    ReplyDelete
  2. Setuju lho, dengan hadirnya UMKM tuh ngebantu menggerakkan roda perekonomian daerah. Bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan. Bahkan harapannya bisa memperluas hingga kancah global. Usaha mikro sembako nih yang paling hits.

    ReplyDelete
  3. Desa yang di wilayahnya tidak ada industri memang paling bagus dijadikan tempat pusatnya UMKM, misalnya toko kelontong yang menjual hasil panen, sentra makanan tradisional, dan lain-lain sampai menjadi pusat wisata sehingga roda perekonomian warga tetap berputar

    ReplyDelete
  4. Di Malang banyak teman² UMKM yang sudah maju ke pasar internasional. Saya sendiri sebagai penata rias juga anggota di salah satu UMKM Kota Malang. Banyak keuntungan sebagai anggota UMKM karena memang dibimbing untuk bisa berkembang bisnisnya

    ReplyDelete
  5. UMKM memang jadi pahlawan ekonomi kita ya, karena perekonomian kita bisa terus berkembang. Sehingga perlu banyak dukungan dari berbagai pihak juga

    ReplyDelete
  6. Keadaan ekonomi dunia memang lahi gak baik-baik saja. Dan imbasnya ke mana-mana, di daerahku PHK itu udah kayak makanan sehari-hari.

    Semoga peran UNKM bisa menopomg perekonomian negara ini.

    ReplyDelete
  7. Peluang bisnis memang gak boleh banget dilewatkan.
    Karena kapan lagi kan yaa...
    Hanya sayangnya sering terbentur kekurangan dana untuk mengembangkan bisnis ini. Senang sekali dengan kehadiran Amartha yang mendukung penuh UMKM pedesaan dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah.

    ReplyDelete
  8. Sekarang semakin banyak UMKM, terus sering ada acara juga dan banyak UMKM yang jualan. Seneng sih kalau ada acara yang melibatkan UMKM, produk para UMKM itu bagus2 dan unik, terus kulineran juga enak2.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget kak kalau UMKM sebagai roda penggerak ekonomi, terutama di daerah-daerah.

    ReplyDelete
  10. Memang akan selalu ada dukung peluang bisnis selagi ada kemauan, salah satunya industri UMKM yang banyak banget digeluti.
    Semoga saja para UMKM semakin hari semakin maju dan didukung oleh kita semua

    ReplyDelete
  11. Setuju banget sih peran UMKM juga bisa sbg penopang perekemomian di Indonesia, dan usaha kecil yang bisa dibangun bisa memiliki peluang besar untuk diperluas pasar hingga internasional plus nambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya

    ReplyDelete
  12. Sebagai warga Indonesia memang sepatutnya kita mendukung keberadaan UMKM ini ya mbak dan ternyata keberadaan UMKM juga bisa membantu perekonomian negara

    ReplyDelete
  13. Di saat negara belum mampu menciptakan lapangan kerja yang luas, UMKM memang sudah terbukti menjadi sekoci bagi masyarakat. Setuju banget untuk dukungan penuh pada UMKM, baik dari segi pendanaan, pelatihan, akses khusus dan lain-lain.

    Saya belum tahu Amartha ini mba..sudah lumayan besar dana yang disalurkan yaaa... Semoga makin banyak UMKM yang terbantu. (Lisdha)

    ReplyDelete
  14. Penting banget deh di masa sekarang mah UMKM ini. Walopun modal kecil, dan omzetnya juga tidak terlalu besar, namun karena banyak yang melakukan, dan juga menyerap banyak pekerja, sehingga mengurangi jumlah pengangguran, jadinya UMKM ini berperan besar. Sudah terbukti deh gimana perannya UMKM di masa pandemi kemaren. Di saat perusahaan2 besar banyak yang pontang-panting, UMKM justru terus bertahan. Maju terus UMKM kita.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V